Tak Berkategori

Ramadan Tahun Ini

Ramadan sudah berlalu, tetapi ada catatan yang perlu saya bagikan. Ramadan terdiri dari 29/30 hari. Kenapa berubah-ubah ? Karena Islam menggunakan sistem lunar dalam perhitungan kalender. Kewajiban di bulan Ramadan adalah berpuasa, dimulai sejak terbitnya hingga terbenamnya matahari. Selain itu, ada ibadah-ibadah lain yang dianjurkan didalamnya : Salat Tarawih; Taddarus Alquran; I’tikaf; dll.

Rangkaian ibadah diatas sudah menjadi keumuman bagi mayoritas umat Islam di seluruh dunia. Tetapi ada beberapa negara yang mempunyai tradisi tertentu sepanjang Ramadan, salah satunya Indonesia. Di Indonesia setiap kali Ramadan datang, umat Islam dan non Islam biasa melakukan “buka puasa bersama”. Hal ini baik mengingat Nabi Muhammad sangat menganjurkan seseorang yang “berkelebihan” berbagi rejeki kepada selainnya. Karena Islam merupakan agama “Kasih Sayang Bagi Seluruh Alam”.

Sering terjadi benturan antara ibadah dengan tradisi, ya, buka puasa bersama. Bukber yang dilakukan oleh sebagian besar orang Indonesia diluar konteks Ramadan itu sendiri, misalnya yang saya alami di Ramadan tahun ini [dan tahun-tahun sebelumnya]. Bukber yang dilakukan banyak mengurangi ketentuan-ketentuan beragama. Pertama, Bukber dilakukan oleh orang yang belum memahami agama Islam mengenai Ramadan. Kedua, Bukber seringkali melalaikan waktu salat wajib. Ketiga, Bukber malah menjadi ajang pesta-pora jauh dari pesan puasa “yaitu menahan diri”.

Lebih-lebih, bukber melewatkan waktu salat tarawih berjamaah, menghilangkan kesempatan taddarus Alquran setelahnya, dan sudah pasti kesempatan i’tikaf (lebih sering ke masjid) pun berkurang.

Maka dari itu jangan asal mengajukan diri menjadi panitia/PO bukber, minimal berkonsultasi dengan yang lebih mengetahui.

 

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s