Tak Berkategori

Kebiasaan-kebiasaan

Hidup ini singkat dan berulang-ulang. Pagi ke siang lalu ke malam. Senin hingga Minggu dan kembali ke Senin. Januari kepada Desember. Dan seterusnya. Singkatnya hidup dibagi ke dalam beberapa fase : bayi; balita; anak-anak; remaja; dewasa; tua. Mulai berupa sperma ke jasad yang membeku semua itu memiliki pola yang berubah-ubah, namun tetap.

Pagi ke malam dilalui aktivitas dari senin ke minggu dan berulang berbulan-bulan dan seterusnya. Tahun ke tahun bentuk fisik mungkin berubah, pun psikis. Perubahan itu merupakan kontradiksi diri dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kebutuhannya.

Aku. Aku memulai aktivitas seperti kebanyakan orang : bangun pagi, kemudian sembahyang, melakukan berbagai aktivitas, hingga malam tiba dan tidur kemudian, lalu begitu seterusnya. Yang mau aku sampaikan adalah sedikit kebiasaan yang mungkin menjadi kepribadian dan tidak diketahui banyak orang.

Pertama, dari jam 4.30 pagi – jam 06.30 aku bangun, sembahyang, mandi, sarapan. Jam 6.31 – 12.00 aku beraktivitas (kuliah/bekerja/dsb), sembahyang, makan siang, dan istirahat. Jam 12.01 – 15.00 terkadang tidur siang, melanjutkan akivitas, hingga sembahyang mengakhiri kegiatan. Jam 15.01 – 18.00 selesai beraktivitas, mengistirahatkan badan dan pikiran, bercengkerama dengan keluarga/teman-teman, mandi sore, lalu sembahyang. 18.01 – 19.00 makan malam hingga menunggu akhir kewajiban sembahyang. Jam 19.01 – 22.00 melakukan hobi: membaca, menonton tv, berselancar di dunia maya dan sebagainya. Jam 22.01 – 23.30 melakukan aktivitas yang tertunda : tugas kuliah, membaca berita di layar telepon genggam pintar, bersiap-siap untuk tidur.

Kedua, penekanan pada bagian mandi (kebersihan). Orang-orang bilang aku (sebagai laki-laki) tergolong lama ketika mandi. Ya, karena selain pada umumnya ditambah pula memakai minyak rambut, pelembab kulit, dsb. Dan yang mungkin membedakan dengan kebanyakan orang pada umumnya, aku usahakan rutin merapikan kumis dan janggut 2 hari sekali, memangkas bulu ketiak, badan, dan sekitar kemaluan +/- 40 hari sekali, dan mencukur rambut kepala 40 – 60 hari sekali tergantung kemauan. Dari pakaian, mungkin aku termasuk suka yang sederhana. Hanya saja, dari 4 saku celana : bagian kanan depan untuk telepon genggam; bagian kiri depan untuk sapu tangan; bagian kiri belakang untuk tisu; dan bagian kanan belakang untuk dompet.

Ketiga, dari pagi sampai malam aku usahakan aktivitasku serinci mungkin. Sudah aku katakan, bukankah hidup ini singkat dan berulang-ulang ? Dan ini hanya sedikit aktivitas fisik sehari-hari yang menjadi kebiasaan. Kebiasaan untuk tampil bersih, rapi, wangi, nyaman, dan tetap dalam waktu yang rinci.

Begitulah aku dan biasakanlah diri untuk menerima (atau setidaknya menyerupai) kebiasaan-kebiasaanku. Bagaimana denganmu ?

 

Standard

Leave a Reply

